“Tiga syarat menghadapi tantangan global; perkuat kemandirian bangsa, tingkatkan daya saing, dan miliki peradaban bangsa yang mulia”. (Susilo Bambang Yudhoyono)

12 June 2016

1. Petunjuk Penggunaan Modul

Rochimudin | 12 June 2016 | 8:07 AM |
I.     Kompetensi Inti 

  • 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  • 2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  • 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  • 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


II.  Kompetensi Dasar

Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian
KD pada KI-3
Menganalisis Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan negara

Indikator KD pada KI-3
  • Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila.
  • Menyebutkan contoh penerapan nilai-nilai Pancasila dalam penyelenggaraan pemerintahan
  • Menjelaskan sistem pembagian kekuasaan negara.
  • Menjelaskan Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian
  • Menyimpulkan keterkaitan antara nilai-nilai Pancasila dan implementasinya dalam penyelenggaraan negara.
KD pada KI-4
  • Mewujudkan keputusan bersama sesuai nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan negara
Indikator KD pada KI-4
  • Memecahkan persoalan secara aktif dan responsif.
  • Memberikan contoh pengambilan ke-putusan dalam praktik penyelenggaraan negara.
  • Menyebutkan Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan
KD pada KI-2
  • Mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyenggaraan pemerintah negara

Indikator KD pada KI-2
  • Menunjukkan sikap responsif, proaktif, jujur dan kerja sama dalam bermain kuiz telaga vista. 
  • Memecahkan persoalan dalam diskusi secara aktif dan responsif.
KD pada KI-1
  • Mensyukuri nilai-nilai Pancasila dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan negara sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa
Indikator KD pada KI-1

  • Mengungkapkan rasa syukur terhadap Tuhan YME akan eksistensi dan keberlangsungan Pancasila.




III.   Petunjuk Belajar Modul
  • 1. Dengan modul ini diharapkan siswa dapat belajar secara mandiri konsep menganalisis nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan negara
  • 2. Modul atau bahan ajar ini dikembangkan dari konsep yang mudah ke yang sulit, dari konsep nyata ke konsep yang abstrak dan dari konsep yang sederhana ke konsep yang rumit.
  • 3. Belajarlah secara berkelompok dengan anggota kelompok maksimal 5 orang.
  • 4. Baca baik-baik Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD) dan indikator Pembelajaran.

IV.   Prasyarat Sebelum Belajar
Sebelum mempelajari menganalisis nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan negara, peserta didik diharapkan mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini sebagai apersepsi:
  • 1. Lambang atau gambar nilai Pancasila.
  • 2. Berdasarkan gambar atau video, siswa dapat bertanya tentang proses penyusunan sila-sila Pancasila.
  • 3. Trias Politica dalam pembagian kekuasaan negara.

No comments:

Post a Comment

//